Export Pdf dari inDesign

Pada umumnya aplikasi komputer menggunakan fasilitas export ke pdf, karena  file yang di hasilkan kecil sehingga mudah dipindahkan baik itu email ataupun sangat mudah di buka karena pada umumnya setiap komputer memiliki program adobe acrobat, juga sangat mudah untuk dibagi via usb dan lain lain.

disini kita akan membahas tentang export file pdf dari in design (internal), fungsi ini juga bisa dilakukan external atau dari luar seperti menggunakan program adobe acrobat distiller
dan convert to pdf file yang di maksud, dalam hal ini file inDesign
Juga menyediakan beberapa pilihan yang akan berpengaruh ke besarnya file dan kualitas data output.
file bisa diatur sesuai fungsinya seperti, High quality output (Siap Cetak).
Mengatur Besarnya halaman, Oversized Pages. ataupun dari bentuk warnanya (CMYK atau RGB), mengatur versinya, Press Quality (juga bisa siap cetak), dan hanya untuk preview bertukar data via email dengan smallest file size.

Bagaimana dari internal inDesign?

File yang telah siap kita export ke pdf kita buka dulu dan dari panel File->Adobe Pdf Presets->pilih bentuk file yang kita inginkan :

Kita defenisikan file pdf yang akan kita buat, bentuknya hampir sama dengan conversi dari Adobe Acrobat Distiller, High Quality Print, Beberapa versi Pdf, Press Quality dan yang paling sering digunakan adalah Smallest File Size karena sudah terkompresi menjadi file yang sangat kecil hingga memudahkan bertukar file via email atau yang lainnya.

Setelah memilih file yang diinginkan, akan diarahkan ke tempat file pdf akan disimpan :
Klik save
Ada pilihan semua halaman, atau halamann tertentu saja, contohnya saya ingin hanya halaman 30 sampai 70 saja.

File Pdf siap distribusi, semoga bermanfaat






Comments

Popular posts from this blog

Find/Change inDesign (Menemukan dan memperbaiki teks yang salah secara otomatis)

Hidden Character Pada inDesign