Membuat inDesign Book

Pada beberapa kasus Designer dihadapkan pada masalah pembuatan buku atau majalah dengan jumlah halaman yang sangat banyak dan juga dari berbagai sumber yang berbeda contohnya iklan, artikel, list, daftar isi dll.
Sebagai contoh kita akan me lay-out majalah sebanyak 1000 halaman, tentunya akan berpengaruh terhadap performa komputer karena sangat berat belum lagi dalam masalah pengelompokan "Link".

Ada fasilitas dari InDesign untuk masalah tersebut diatas yakni menggabungkan beberapa file menjadi sebuah "Book", hal ini cukup menguntungkan karena kita dapat mengatur folder berbeda untuk setiap file berikut "Link" nya. Tentunya akan meringankan pekerjaan komputer karena buku dengan artikel tertentu dapat di "Cluster" perbagian.

Memulai inDesign Book!

Setelah semua file baik itu artikel, iklan, Listing, maupun daftar isi sudah kita siapkan, kita mulai menggabungkan menjadi sebuah buku. Di sini kita di untungkan karena "Halaman otomatis" akan teratur sesuai dengan urutannya.

Setelah membuka InDesign, Pada panel kita create File->New->Book hingga muncul tampilan berikut :

Contohnya kita beri nama Directory 2015


Pada sisi kanan kita klik "Add New Document", masukkan satu persatu file sesuai urutan halaman yang kita inginkan dari awal hingga akhir seperti contoh gambar di bawah :


Pada sisi kiri terlihat nama file yang telah kita masukkan satu persatu, sedangkan pada sisi kanan adalah posisi halaman file tersebut. Bila ada kesalahan urutan kita dapat men"Drag" ke atas atau ke bawah sesuai dengan urutan halaman yang kita inginkan.

Distribusi ke Percatakan atau Penerbit

Setelah Semua pekerjaan layout selesai, maka kita dapat membawa File "Book" ini ke percetakan (Beserta File dan Link tentunya). bisa kita modifikasi sesuai kebutuhan, bisa kita Export menjadi file Pdf dengan klik pada sisi kanan: "Export Book to Pdf" atau "Package book for Print" bila ingin diserahkan menjadi kesatuan file.

Demikian Tutorial "Book" dari inDesign semoga bermanfaat.






free counter

Comments

  1. clipping path is the vector path that allows part of an image to show while hiding the background.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Find/Change inDesign (Menemukan dan memperbaiki teks yang salah secara otomatis)

Hidden Character Pada inDesign

Export Pdf dari inDesign